For Me, Hope is a Dream that Never Sleeps. I’ll Keep Smiling to Ease My Heart.


Sunday, December 11, 2011

Sumber Energi

Sumber energi adalah suatu yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Tanpa energi manusia tidak bisa mencukupi kebutuhan hidupnya. Pelajaran tentang sumber energi mungkin sudah kita terima sejak kita duduk di sekolah dasar. Sebelum masuk terlalu jauh dalam hal energi, saya ingin mengingat-ingat pelajaran yang dulu pernah saya terima saat sekolah, sambil ngecek apakah file bab ini masih tersimpan dalam memori saya he2...

Secara umum, sumber energi dibagi dalam 2 kelompok yaitu sumber energi tak terbarukan dan sumber energi terbarukan.Sumber energi tak terbarukan, yang merupakan sumber energi yang suatu saat akan habis, meliputi sumber energi fosil antara lain minyak bumi, batubara dan gas alam. Sedangkan sumber energi terbarukan antara lain berasal dari biomassa, sinar matahari, air, angin, panas bumi dll. Penggunaan sumber energi terbarukan sebenarnya lebih menguntungkan karena lebih ramah lingkungan dan yang paling penting bisa diregenerasi, tidak akan habis. Tetapi sampai saat ini pengembangan teknologi sumber energi terbarukan, yang sering disebut dengan energi alternatif ini kelihatannya masih tersendat. Mungkin hal ini juga disebabkan karena masih tersedianya sumber energi fosil yang terlebih dulu dikembangkan dan sudah "proven" teknologinya, sehingga manusia masih merasa dalam zona aman dalam hal penyediaan energinya. 

Saat ini, minyak bumi masih menjadi primadona sumber energi di dunia, karena teknologi pengolahannya  yang sudah mudah dan bentuknya yang dalam fase cair relatif kompatibel untuk peralatan/mesin-mesin yang sudah ada sekarang. Kawasan Timur Tengah merupakan penghasil minyak bumi terbesar di dunia (dan mungkin karena inilah sering terjadi konflik kepentingan negara adikuasa di Timur Tengah, eh malah nyinggung masalah politik...ho2). Berdasarkan perkiraan, cadangan minyak dunia hanya cukup untuk beberapa puluh tahun ke depan. Hmm terus bagaimana kondisi dunia saat minyak sudah habis dan pengembangan energi alternatif masih  saja jalan di tempat???

Sumber energi fosil yang lain, yaitu batubara mulai dilirik untuk menggantikan posisi minyak bumi. Hal ini memang beralasan, karena cadangan batubara yang masih banyak dan lebih banyak negara yang memiliki cadangan batubara. Indonesia sendiri termasuk negara yang memiliki cadangan batubara terbesar ke 6 di dunia setelah RRC, AS, India, Australia dan Rusia (data International Energy Agency 2009). Sesuatu yang patut disyukuri..... Saat ini banyak dikembangkan teknologi pemanfaatan batubara, seperti pencairan batubara, gasifikasi batubara dan teknologi upgrading batubara lainnya.

Sumber energi terbarukan yang sedang gencar dikembangkan antara lain energi dari biomass, panas bumi dan sinar matahari. Teknologi pemanfaatan biomassa sebagai sumber energi antara lain teknologi biodisel, bioetanol, termasuk teknologi gasifikasi biomassa. Teknologi energi panas bumi termasuk salah satu program prioritas dari pemerintah Indonesia selain pembangunan PLTU 10.000 MW, mengingat sumber energi panas bumi juga melimpah di Indonesia (berharap semoga tidak ada lagi cerita pemadaman listrik dan desa tanpa listrik he2....). Sedangkan untuk tenaga matahari sepertinya masih terbentur pada teknologinya yang relatif masih mahal. Padahal sumber energi matahari merupakan salah satu sumber energi terbesar apalagi untuk negara seperti Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa, dimana matahari selalu bersinar sepanjang tahun.

Masih banyak R & D yang dibutuhkan dan harus terus dilakukan agar diperoleh teknologi energi yang ramah lingkungan, dapat diperbarui dan tentunya juga harus ekonomis. Tuhan telah memberikan modal yang begitu besar bagi manusia, baik itu akal maupun sumber daya alam, tinggal memadukan keduanya untuk tujuan yang positif dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Sesuatu yang diciptakan Tuhan itu pasti tidak ada yang sia-sia, semua bermanfaat dan bisa dimanfaatkan.....PASTI BISA!!!!

No comments:

Post a Comment

Post a Comment