For Me, Hope is a Dream that Never Sleeps. I’ll Keep Smiling to Ease My Heart.


Thursday, November 24, 2011

Karena aku belum tahu

" A person who asks a question is a fool for five minutes. A person who doesn't is a fool forever"
Begitulah kutipan yang pernah aku baca tapi lupa bacanya di buku apa...
Dulu aku malu sekali kalau mau bertanya tentang sesuatu yang benar-benar aku tak tahu, saat itu kupikir orang-orang pasti akan bilang : "masak kayak gitu aja nggak ngerti sih...", meskipun sebenarnya itu hanya perasaanku saja. Waktu itu aku sangat malu dan tidak mau dibilang bodoh banget. Tapi setelah membaca kutipan itu, cara pandangku tentang "mengajukan pertanyaan" mulai berubah. Lebih baik aku menjadi orang bodoh untuk beberapa menit daripada menjadi bodoh seumur hidup. Biarin aja orang mau bilang apa, yang jelas aku memang benar-benar tidak tahu dan benar-benar ingin tahu. Daripada kita pura-pura tahu, malah akhirnya kurang baik. Yang perlu diingat adalah pertanyaan itu benar-benar karena kita tidak tahu dan ingin tahu, bukan karena ingin "mengetes" orang lain, kecuali posisi kita sedang menjadi seorang penguji.  

Seharusnya rasa puas dalam belajar itu tidak pernah ada karena sebenarnya semakin kita banyak belajar, kita merasa semakin banyak hal yang tidak kita tahu sehingga berusaha untuk mencari jawabannya dan begitu seterusnya. Dari sinilah ilmu pengetahuan mulai dan bisa berkembang. Rasululloh pun telah memerintahkan kita untuk selalu semangat dalam belajar "Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri China". Hanya saja kadang kemalasan itu terlalu berkuasa dalam diri. Kehidupan ini adalah sebuah proses belajar terus menerus yang begitu berarti dalam mengajarkan kebijaksanaan, kesabaran, ketaatan, kesungguhan, kedewasaan dsb." Long Life Education". Bersemangatlah wahai diriku sendiri (khususnya) dan teman-teman yang sempat mampir di blog ini...;D). Dan semoga yang sudah kita pelajari bisa diterapkan dan dibagi pada yang lain, yang mungkin belum tahu dan sangat ingin tahu...

So Jangan Malu Untuk Bertanya, karena Malu Bertanya Sesat di Jalan (pasti nggak mau dong tersesat apalagi tersesat saat jalan kembali pada-NYA, naudzubillah...)

No comments:

Post a Comment